SMA Negeri 20 Surabaya

hola diarist, kali ini kita bakal membahas tentang pengalaman di bangku sekolah saya
TWENTY SENIOR HIGH SCHOOL 
 
kita pakai rumus 5W+1H ya buat describingnya ;)

Pertama, what?
Semacam konyol buat menjawab pertanyaan ini
absolutely HIGH SCHOOL, tempat para pelajar SMA berprestasi menuntut ilmu dan mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki.
Difasilitasi dengan sarana dan prasarana yang boleh dibilang tidak main- main
boleh dibuktikan dengan kalian membuka web resmi @sman20surabaya.com
tapi ingat kata pepatah ya "don't judge something by the cover"
so, mari simak pertanyaan selanjutnya
The second is, where?
if you're a foreign, this school is on Indonesia country
tapi kalo kalian berasal dari Indonesia, pasti kalian tau Surabaya kan, yapp salah satu kota padat di Indonesia ini adalah tempat sekolah ini berada
tapine lek sampeyan wong Suroboyo, mesti eruh dalan Medokan Semampir yo? yo iku enggone sing paling bener, tepate nang dalan Medokan Semampir 119 Sukolilo =))

Pertanyaan ketiga enaknya sih, when?
betul banget, kali ini kita bakal mengulas sejarah sekolah.
Secara singkat, sejarah berdirinya SMA Negeri 20 Surabaya dapat dijelaskan sebagai berikut. SMA Negeri 20 Surabaya sebagai salah satu sekolah tambahan di dilingkungan Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya pada awalnya dibuka sejak tahun 1989 lalu, dengan tujuan menambah daya tampung jumlah sisiwa yang ingin masuk sekolah negeri. 
Sebagaimana yang tercantum dalam surat keputusan kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur No.352/ 104/ A/ 1989 tertanggal 22 Juni 1989 tentang pembukaan dan pengelola sekolah baru diwilayah kotamadya Surabaya. 
Pada saat itu, sekitar tahun 1989 untuk kali pertamanya SMA Negeri Surabaya pengelolannya dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah (Kepsek) Soetomo BA.

beralih ke, why?
mengapa sekolah ini didirikan? mari kita telaah melalui visi dan misi sekolah, check this out
Motto:
  • SMA NEGERI 20 SURABAYA menjemput jati diri mengukir prestasi
Visi:
  • Unggul dalam mutu, memiliki IMTAQ dan IPTEK yang kuat, berakar budaya bangsa, serta berwawasan global dan mampu bersaing di tingkat Internasional
    Have best mutual, certain faith for God and technological Information, based on our culture, global information and conduct international competition
Misi:
  • Melaksanakan dan meningkatkan nilai akademis dan non akademis (Conduct and improve note of academic and non academic)
  • Melaksanakan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan kurikulum adaptif (SK,KD,Pemetaan,Silabus,Indikator, dan RPP) untuk kelas X sampai dengan XII (Conduct improvement to united level of education curiculum and adaptive curiculum (standart competence, basic competence, sillabus, lesson plan) for X until XII class)
  • Melaksanakan pengembangan metode dan strategi pembelajaran (Conduct method improvement and strategi of teaching)
  • Melaksanakan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan (Conduct improvement of teacher and education’s labor)
  • Melaksanakan pengembangan fasilitas pendidikan (Conduct improvement of education’s facilities)
  • Melaksanakan pengembangan MBS (Conduct improvement of management based on school)
  • Melaksanakan pengembangan pembiayaan melalui pengelolaan dan pendayagunaan sumber dana dan potensi sekolah (Conduct improvement of education’s cost through the fund resources and school competence)
  • Melaksanakan pengembangan penilaian berbasis kompetensi (Conduct improvement in evaluation of education)
  • Melaksanakan dan meningkatkan penguasaan dan pemanfaatan IPTEK (Conduct and improvement management and implementation of technological information)
  • Melaksanakan dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan (Conduct and improve certain feith for God)
  • Melaksanakan dan meningkatkan pelestarian budaya bangsa (Conduct and improve maintenance of culture)
  • Melaksanakan dan meningkatkan penguasaan bahasa Inggris (Conduct and improve enrichment of English)

Lanjut ke, who?
sempet bingung waktu jawab pertanyaan ini, deskripsi soal who itu LUASSS begete,
okelah kita coba satu kemungkinan aja yaa
Pemegang jabatan Kepala Sekolah pertama kali berada di bawah naungan bapak Soetomo BA, namun telah pindah tangan sebanyak delapan kali hingga saat ini berada di bawah kepemimpinan bapak Drs. Djunaidi

Terahir nih, how?
yap, kali ini saya akan melaporkan langsung dari TKP tentang bagaimana kondisi asli sekolah mulai dari fasilitas sarana dan prasarana sampai lingkungan sekitarnya.
Menurut saya SMA Negeri 20 Surabaya ini diibaratkan sebuah negara yg sedang berkembang.
Dapat dibuktikan dengan adanya pembangunan dan perbaikan fasilitas sarana dan prasarana sekolah yang menuju ke Taraf Internasional di sana-sini.
Dari sekolah yang dikenal dengan image 'banjir' beralih ke sekolah dengan image 'International'
Tidak hanya itu loh, dalam bidang edukasi sekalh ini juga mengalami kemajuan yang cukup signifikan, mulai dari guru- guru yang berpretasi dapat dibuktikan dengan pengangkatan beberapa guru asal sekolah ini untuk mengepalai beberapa sekolah negeri di Surabaya hingga Arab (sumpah nggak boong)
Tidak hanya guru, murid- muridnya pun tidak ingin kalah, berbagai prestasi akademik hingga non akademik berhasil diboyong siswa/siswi berpretasi di sekolah ini dan berhasil menyumbangkan piala- piala berharga dari hasil usahanya.
Adanya program kerjasama dengan sekolah di Jerman melalui pertukaran pelajar para pelajar di Jerman juga telah menjadi bukti nyata adanya perkembangan yang tidak bisa disepelekan lagi.
Beberapa murid berpretasi lainnya juga berhasil dikirim ke luar negeri, seperti Australia untuk mengikuti program Studi banding, WOW.
Termasuk adanya blog ini, juga merupakan wujud nyata dari adanya perkembangan dalam bidang edukasi lohh, pada pelajaran TIK murid- muridnya tidak hanya diajarkan untuk menjalankan program, namun memanfaatkan pembelajaran yang telah didapat untuk menghasilkan sesuatu yang lain, ya seperti bersosialisasi hingga mencari uang;)
Kalau kalian pernah baca pepatah 'masa SMA adalah mas paling indah'
kalian boleh merasakan di sekolah ini,
masa yang tak akan pernah kalian seumur hidup, dibimbing dan diasuh oleh guru- guru yang berintelektual tinggi namun tetap mengayomi anak didiknya.
Dan tidak ketinggalan, berada dalam lingkup pergaulan yang sehat 'BEBAS NARKOBA' karena sekolah sangat menjunjung tinggi nilai/ norma yang berlaku dalam masyarakat.
Bertemu dengan teman- teman baru yang lebih seru, lebih asik dan lebih meneganggkan

Panjang juga ya-_-
Semoga edisi kali ini bermanfaat ya buat diarist, setidaknya bisa dijadikan tambahan referensi dalam memilih sekolah dan pergaulan pada saat ini.




Komentar

  1. aduh rempong deh sampek segitu banyaknya pertanyaan yg bisa bkin km msuk 20 :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer