Jumat, 14 Oktober 2016

[REVIEW] BLP Lip Coat Shade Lavender Cream

Hollaaa... 
Akhirnyaaa ada waktu untuk menulis lagi. Setelah didera kesibukan dengan mini business yang baru aja launched, which is lumayan menguras tenaga, pikiran dan tentunya waktu. Tapi ku syukuri aja karena artinya kesibukanku semakin bertambah bukan malah berkurang (mumpung masih bisa dibilang muda) xixixi. Well, tema yang akan aku bahas kali ini bukan soal bisnis baru kok ehe tetap ga jauh-jauh dari tema sebelumnya. Yap, aku akan review produk kecantikan lagi yang lagi hitz bangetttttt tentunya. Kali ini giliran produk untuk smooch alias bibir, yaitu BLP Lip Coat shade Lavender Cream.
 
INTRO PRODUK :
BLP merupakan kepanjangan dari By Lizzi Parra. So uda ketahuan dong produk ini punya si mbak cantik Lizzi Parra, salah satu make up artis Indonesia yang juga aktif banget ngevlog. Nah, kalau yang punya orang Indonesia artinya BLP adalah produk lokal (ya iya lah anak tetangga depan juga tau kaleee). Btw keren ya, produk-produk kecantikan Indonesia sekarang-sekarang ini bisa banget mencuri perhatian konsumen mulai dari yang lokal sampai interlokal (internasional maksudnya). Semoga aja berita baik ini terus meningkat, sampai nantinya aku pribadi bisa bilang, "Bye produk asing." #aishsyedap. Fyi, produk ini saking hits-nya sampai tiada hari tanpa kata sold out atau rebutan entah itu di websitenya atau di instagramnya. Karena sekalinya produk itu available dalam hitungan menit uda ganti tulisan sold out lagi, lagi dan lagi. Bahkan websitenya juga sempet down, kayak perjuanganku ngedapetin semua shadenya :( Jadi kebayang lah seberapa booming dan hitsnya produk ini. Jadi penasaran kan? Cuss.. baca reviewnya yuk.
 
VARIAN SHADE (dari yang paling nude sampai yang paling deep) :
-Butter Fudge
-Peppermint Pink
-Lavender Cream
-Persimmon Pie
-Burnt Cinnamon
-Beet Me
-Candy Apple
-Bloody Marry
Dan.. shade yang akan aku review adalah si Lavender Cream.
 
PACKAGING :

Well, kalau soal packaging asli parah, parah banget, karena aku suwkaaaa bangetttt! So damn cutie! Dan ga cuma cute, tapi juga super save menurut aku. Jadi, pertama kali terima barang, kita bakal dapat box yang dibungkus plastik transparan khas ekspedisi. 
 
 
Setelah plastiknya dibuka alias dirobek, kita bakal dapat box berwarna nude pink dengan tulisan warna hitam di bagian atas tutupnya, "Preety Things Inside". Box ini bentuknya kayak semacam box sepatu tapi lebih kecil. Material box ini juga ku bilang kokoh, karena dia tebal (tapi bukan tebal alay yang berat banget kok tetap ringan) jadi boxnya nggak letoy. 
 
 
Setelah exicted banget dengan tulisan di tutup box, saat buka isi boxnya aku dapat semacam greetings card dari Sociolla (distributor resmi BLP) yang pada intinya mengucapkan terimakasih sudah beli di dia, what a warm greeting dari sebuah box. 
 

Begitu kartu ucapan tadi diambil, dan walaaaa muncullah kemasan kecil yang dibalut dengan bubble wrap dan kertas rumbai-rumbai berwarna merah muda yang semakin membuat gemas isi dalam kotak ini. Dan tentu aja, kemasan kecil yang berbalut bubble wrap ini apalagi kalau bukan si maskot BLP Lip Coat. Btw, desain bubble wrap yang membungkus kerdus BLP ini beda dari desain bubble wrap pada umumnya dimana bulatan-bulatannya atau si bubble itu lebih gede-gede dan jaraknya juga nggak mepet-mepet. Pihak packer juga kasih bubble wrap-nya nggak lebay sampai berlapis-lapis, secukupnya sih jadi nggak capek bukanya. Mungkin karena di luar bubble wrap juga uda ada box sebagai tameng utama untuk pelindung produk kali ya.
 
Well, setelah buka bubble wrap, muncullah box lagi. Tapi kali ini kerdus dari lipstiknya. Material kerdusnya sih sama kayak lipstik-lipstik berkerdus lainnya, tidak terlalu tebal ya standar aja. Kemasannya ini warna merah muda x putih khas BLP.
 
 
Konten tulisan di luarnya ada komposisi, tanggal kadaluarsa, perusahaan yang memproduksi, keterangan shade-nya dan.. yang paling mencuri perhatian lagi-lagi adalah tulisan, "Proudly Made In Indonesia". Hmmm.. jadi berasa gimana gitu ya jiwa nasionalisnya. Dan emang benar sih, nasionalis bukan melulu soal menyanyikan lagu kebangsaan atau mengibarkan sang saka, bisa juga kayak si kakak Lizzi Parra yang menyumbangkan kontribusi untuk bangsa lewat jalurnya sendiri, so inspiring!



Dan terakhir adalah mengeluarkan si lip coat BLP dari kardusnya. Well, beginilah bentuk kemasannya yang bulat bentuk tabung gitu, dengan material kaca transparan bertuliskan BLP jadi memudahkan konsumen untuk melihat isinya dan plastik di bagian tutupnya yang berwarna putih. Hal yang sedikit berbeda dari produk liquid lipstik pada umumunya yang mana detail informasi tentang produk biasanya diletakkan di salah satu sisi tabung. Sedangkan si BLP Lip Coat ini meletakkan detail informasinya, termasuk keterangan shade dan netto (isi) produk ini adalah 4gram di bagian bawah botol karena di semua sisi botol sudah terisi dengan tulisan BLP.
 

 
Dan.. sama seperti liquid lipstick lainnya, produk ini juga dilengkapi dengan kuas yang ujungnya runcing untuk memudahkan pengaplikasian produk khususnya di sudut bibir.
 
 
TEKSTURE :
Pertama kali buka botol lip coat BLP ini dan dicium-cium alisa diendus-endus, akan terasa bau wangi-wangian seperti permen karet gitu. So, buat kalian yang suka wangi-wangian lip coat ini bisa jadi salah satu pilihan deh. Tapi, buat yang ga suka lipstik/lip coat yang beraroma kayak aku, jadi ngerasa keganggu khususnya saat proses pengaplikasian yang kerasa banget aromanya :( bahkan sampai lip coat ini sudah di aplikasiin, dan kalau diendus-endus lagi dengan jurus monyong-monyongin bibir ke atas, baunya juga masih stay, yaa begitulah. Terlepas dari segi aroma tadi, untuk tekstur lip coat ini enak banget diaplikasiinnya, nggak bolong-bolong, nggak bikin bibir kering a.k.a cracking, nggak lengket, creamy dan velvet di bibir. Jadi semacam mengoleskan krim atau pelembab di bibir gitu kira-kira sensasinya. Dan ringan (walau nggak langsung berasa ringan karena dia ada proses dulu sekitar 15 menit). Kalau untuk di bibir aku, satu ulas kuas itu sudah cukup (cenderung kebanyakan) untuk cover satu bibir aku ini, tapu size bibir masing-masing orang beda-beda kan ya. Well, soal size bibir jadi inget kalau setelah pakai produk ini bibir aku jadi berasa sexy, berasa full gitu. Jadi buat kalian, khususnya yang punya bibir tipis, jangan bermuram durja karena lip coat ini bisa jadi pilihan yang te o pe. Nah, untuk masalah produk ini transfer atau enggak, well aku harus kasih tau kalau setelah pengaplikasian produk ini bakal tetap trasnfer. Transfernya sedikit, nggak heavy gitu. Uda aku coba 10 menit, 15 menit sampai 30 menit produk ini tetap transfer. 
 
 
But, walaupun si produk ini transfer tapi nggak ngerusak lip coat yang uda kamu aplikasiin di bibir kok jadi tenang aja. Toh, si BLP Lip Coat ini juga tidak mendengungkan kalau dia Transfer Free atau apalah, jadi ya maklum aja kalau dia bakl transfer.

Nah sekarang aku bahas khusus tentang warna shade Lavender Cream. Awal aku kepo-kepo tentang swatches warna ini, ekspektasi yang muncul di pikiranku, "Wah lucu nih warna ABU-ABU COKLAT DOPE gitu". Bahkan aku sampai kepo lebih dalam dengan mencari orang yang ngeswatch shade ini dengan tone kulit yang "aku kira" sama kayak aku, yang ada malah terlihat hint kemerah mudaan. Eng ing eng, setelah aku coba sendiri shade warna yang ini emang sesuai dengan namanya, Lavender. Yap, aku dapat hasil shade dope lavender keabu-abuan, woah thanks God! Aku sukaaaaa, karena terbebas dari ekspektasi bakalan dapat warna pink yang uda mainstream ehehehe.
 

Ini aku bandingin sama shade lipstik produk lain yang aku punya, jadi lebih kelihatan ya tone lavendernya kalau dibandingkan.
 
PRICE :
IDR 129.000 (kalau beli di Sociolla sudah include ongkir dengan menggunakan ekspedisi Si Cepat).
 
HOW TO ORDER :
1. Buka web www.blpbeauty.com
2. Pilih shade (nanti akan langsung tersambung ke website Sociolla)
3. Kalau belum punya akun bisa register dulu di Sociolla, kalau uda punya akun tinggal login aja)
4. Lihat keterangan di produk yang kalian pilih, apakah sold out a.k.a nggak bisa dibeli, atau kah bisa add to chart (bisa dibeli). Nah kalau produk ini available, langsung aja klik add to chart.
5. Setelahnya akan muncul tagihan yang harus kalian bayar dan bagaimana cara membayarnya. Pemberitahuan ini juga akan dikirimkan oleh pihak Sociolla lewat email.
6. Bayar
7. Konfirmasi pembayaran bisa nunggu (manual) atau kalau mau lebih cepat bisa langsung kirim email konfirmasi pembayaran ke alamat email khusus yang ditentukan oleh pihak Sociolla. Waktu itu aku melakukan transaksi sekitar jam 6 sore, jadi baru dikonfirmasi besok paginya. Konfirmasinya bisa dicek melalui akun Sociolla yang sudah dibuat, atau melalui email. Pihak Sociolla akan mengirimkan lewat keduanya kok jadi tenang aja.
8. Tidak berhenti disitu, pihak Sociolla juga memberikan kabar pesanan saat pesanan kita sudah dikirim, baik melalui akun pribadi di Sociolla, email dan juga sms.
9. Dan.. taraaa, besoknya barang sudah datang dengan sangat selamat dan sangat cepat.
Jadi dari proses order sampai barang datang, cuma butuh 2 hari. Keren!
 
CONCLUSION :
Produk : 4/5
Packaging : 5/5
Service : 5/5
So, ngeluarin duit Rp 129.000,- untuk satu produk ini menurut aku well spent banget.

Well girls, terimakasih sudah baca review aku tentang produk BLP Lip Coat ini. Semoga suka dan bermanfaat. See you on the next stories evreh badeh!

Kamis, 08 September 2016

[REVIEW] Maybelline White Superfresh Liquid Powder Natural Shade

Hollaaa blogger, semoga dalam keadaan sehat semua ya hari ini.
Di review kali ini, saya akan melanjutkan dari review sebelumnya tentang hasil beauty haul. Nah produk selanjutnya yang bakalan saya review adalah Maybelline White Superfresh Liquid Powder. Wohooo, produk ini sering banget dipuji karena dianggap jadi "penyelamat" waktu bermake-up. Hal ini dikarenakan beberapa step make-up bisa dilewati hanya dengan satu produk ini. So, buat kalian yang nggak punya waktu make-up banyak karena harus buru-buru ke sekolah, kampus atau kantor bisa baca review produk ini ya.

Varian : setau aku produk ini keluarin 4 varian dari yang paling terang sampai yang paling gelap. Ada N2 atau Ivory, N3 Natural, B4 Sand Beige dan B5 Honey. Nah untuk produk yang aku beli dan akan direview kali ini adalah N3 atau si Natural.



Packaging : Produk ini berbentuk botol dengan model ramping melebar gitu. Nah kalau tutupnya dibuka ujungnya runcing jadi isi produk bisa keluar sedikit demi sedikit.
Isi : Berat dari produk ini sendiri tertulis sebanyak 25 ml. Nah sebelum aku bongkar tentang gimana isi produknya, aku bakalan kupas tuntas (apaan sih maksudnya bakal obrolin) tentang ingredients a.k.a komposisi produk ini dulu ya, karena perlu untuk diketahui juga. Produk ini sudah termasuk pelembab, uv protection (sampai spf 50! wow, selama ini aku pakai uv protection belum ada yang setinggi ini), selain itu ada foundation sama bedak juga sudah include jadi satu dalam satu produk ini, kewl! Pantes aja kalau pakai produk ini, jadi bisa irit waktu buat bermake-up karena beberapa step bisa terlewat cuma pakai 1 produk ini aja. Well, kalau dari tekstur produk ini sih namanya juga liquid (cair) jadi saran aku sih jangan diaplikasiin pakai alat bantu dari sponge atau beauty blender, better sih pakai kuas bulat atau oval brush. Tapi yang nggak mau ribet dan suka praktis2 aja, bisa kok aplikasiin langsung pakai tangan (kayak aku huehehe). Tapiii kekurangannya kalau kalian aplikasiin pakai tangan, kalian nggak bisa langsung makan setelah make-up karena harus cuci tangan dulu. Jorok dong kalau makan tapi di tangan kalian masih ada sisa2 make up yang tertinggal.

Cara Pakai : Nah untuk cara pengaplikasian produk ini sendiri beda dari kebanyakan produk2 liquid lainnya. Perlu bgt buat diperhatikan adalah aku nggak bisa pakai step tuang produk ke tangan terus aku totol2 ke semua bagian muka baru kemudian diratain, kali ini beedaaa! Step yang bener buat pakai produk ini adalah shake it first kayak lagunya Taylor Swift (eh shake it out ding) intinya sih kocok dulu botolnya sebelum dibuka alasannya biar waktu si liquidnya keluar isinya bisa rata nggak ada yang mengendap di bagian bawah botol. Kemudian tuang ke tangan, lalu usapkan ke satu2 bagian wajah. Misalnya abis aku tuang ke tangan aku usapkan ke pipi kanan dulu, aku ratain baru aku pindah ke bagian wajah lainnya. Kenapa? Iya iya aku tau kalian bakalan nanya itu wkakaka. Jawabannya adalah produk ini cepat banget set atau bahasa gampangnya cepet banget kering. Jadi kalau pakai step yg di totol2 dulu, yang ada waktu kalian mau ratain produknya di wajah ehh uda keburu kering begituuu.
Hasil : Produk ini rekomended dan jadi favorit produk terbaru ku. Pada dasarnya aku suka yang praktis2 aja apalagi untuk make-up sehari2. Nah produk ini bisa dibilang menolongku banget, save my time lah. Untuk coveragenya aku bilang lumayan ya, karena bisa meminimalkan noda di wajah. Aku bilang meminimalkan bukan menutup. Yap karena emang bekas jerawat aku masih kelihatan walau sudah aku swipe beberapa kali di area yang sama. Nah untuk coverage muka aku yang oily bisa dibilang oke jugaaa. Memang kelihatan set di wajah, cuma setalah pakai produk ini, wajahku jadi keliatan sedikit mengkilap gitu ya nggak matte lah. Makanya setelah aku pakai produk ini, walau sudah ada kandungan bedaknya aku masih perlu tumpuk bedak lagi supaya dapat hasil yang truly matte.

Harga : Aku dapat produk ini dengan harga Rp 79.000,-. Untuk masalah harga, kali ini aku nggak rekomenin kalian beli di tempat yang aku beli ya. Kenapa? Karena mehong cyinnnn. Yap, aku beli di counter Maybelline langsung yang ada di Matahari. Alasanku beli langsung, nggak beli di online shop, cuma satu sih, supaya aku bisa coba langsung contoh produknya dan konsultasi ke beautuciannya a.k.a mbak2nya tentang warna yang cocok untuk jenis kulit aku. Mengingat dalam produk ini ada foundationnya dan aku trauma beli warna foundation yang salah, makanya mending beli langsung. Cuma emang dasar lagi apes, niatnya mau konsultasi langsung ke beauticiannya eh yang jaga si mbak2nya lagi jutek. Jadi waktu aku tanya warna apa yang cocok untuk kulit aku, cuma 1 kata yang keluar, "Natural" udah gitu doang, boro2 dicobain masing2 tone warnanya dijelasin aja kagak. Hmmm.. tau gitu beli online aja kemarin. Karena ada yang jual selisih Rp 13.000,- lebih murah dibanding yang aku beli ini dan aku ga capek2 ke store yang juga kudu keluar duit tambahan buat bensin, parkir, dan.. kantong kresek yang bayar juga (perhitungan banget ya wkakaka abis mahal & ga puas sih)
Overall untuk produk Maybelline White Super Fresh Liquid Powder aku kasih nilai So-So (diantara pilihan Great, So-So & Not So Good)
Akhir kata, terimakasih sudah membaca review yang merepet jadi curcol saya yaaa huahaha. Buat next story, aku bakal review produk concealer yang lagi happening banget & murce pastinya yaitu 2 shades L.A Girl Pro Conceal, so stay tune guys!

Rabu, 07 September 2016

[REVIEW] Rimmel Stay Matte Powder Cocok Untuk Kulit Asia (Kuning-Sawo Matang)

Holla beauty reader,

Kali ini aku ingin share pengalaman beauty haul (buat yang belum tau, beauty haul itu simpelnya sih belanja peralatan kecantikan gitu lah ya) beberapa produk yang recommended banget buat kalian, terutama buat kalian yang punya kulit kombinasi atau kulit berminyak. Produk pertama yang aku akan review adalah Rimmel Stay Matte Long Lasting Pressed Powder. 
Ini sih bisa ku sebut setting powder atau bedak buat finishing lah ya. So, let's get start it!
  • Varian : Pink Blossom, Silky Beige, Peach Glow, Sand Storm, Warm Beige dan Transparent. Nah untuk yang best seller dan yang aku beli adalah yang Transparent jadi aku bakal review yang varian ini.
  • Packaging : bentuknya sih aku suka simpel & elegan, tapi.. jgn harap kalian bakal dapat puff dari produk ini kayak kebanyakan produk bedak lainnya karena ini purely bedak aja. Jadi aku sih biasanya aplikasiin produk ini pakai brush khusus untuk bedak bukan pakai sponge supaya dapat hasil yang lebih natural gitu.

  • Isi : Bedak ini sih isinya sekitar 14 gram, which is bagian atas bedaknya dicetak bentuk mirip kupu-kupu dengan aksen huruf "i" ditengahnya mungkin logo Rimmel kali ya. Bedak ini ga punya warna ya. Kan aku pilih shade yang transparent, jadi warnanya ngikutin base warna wajah kita. Selain itu, bedak ini juga punya bau wangi (yang kata beberapa orang bau bedak nenek2) tapi enggak juga kok, baunya biasa aja wangi sweet dan nggak menyengat. Dan.. tekstur bedaknya ya kayak bedak2 biasanya sih sama aja cumaaa hasilnya beda banget! Penasaran? Iya-iya sabar sebentar.
  • Hasil : Fyi, jenis muka aku ini katanya dokter muka sih normal cuma aku merasa kombinasi karena berminyak di daerah T dan menurutku nggak sedikit gitu makanya aku menyimpulkan kombinasi ehehe. Jadi setelah aku aplikasiin bedak ini ke muka, tekstur bedaknya ringan, harum dan matte banget, banget. Jadi aku ngerasa kayak nggak pakai bedak tapi feeling beauty gitu karena ringan bgt dan muka terasa halus nggak belentong2. Ditambah lagi aku nggak merasa kayak pakai topeng, which is emang warnanya yang transparan jadi sesuai sama kulit asli nggak ngerubah jadi abu-abu aneh kayak pakai bedak biasanya Dan yang jelas aku nggak merasa muka aku oily seperti pakai produk sebelumnya, truly matte n recommended! Selain itu, bedak ini juga menjanjikan tahan sampai 5 jam & meminimalkan pori2 gitu katanya. Adakah beauty readers disini yang sudah mencoba pakai produk ini lebih dari 5 jam? Please komen dibawah ya.
  • Harga : Aku beli di online shop, jadi tergantung kerajinan kalian mencari yang trust dengan harga murah sih sebenernya. Karena offline store khusus yg jual produk ini di kota aku masih belum ada. Range harga mulai dari IDR 86K-125K. Dan aku dapat yang harga Rp 86.000,- include ongkir hehehe. Walau katanya ada yang lebih murah lagi, tapi aku uda seneng banget dapat harga segitu dan cuma tunggu sekitar 2 hari barang sudah ditangan. Kalau kalian ingin tau aku beli online shop mana, bisa leave comment dibawah ya girls.
Overall untuk produk Rimmel Stay Matte Longlasting Pressed Powder shade Transparent aku kasih nilai Great! (diantara pilihan Great, So-So & Not So Good).

So, thankyou for reading, hope you guys being inspired. Dan... untuk next stories aku bakal review tentang produk Maybeline Liquid Powder, so keep on reading.

Jumat, 09 Maret 2012

Hotel-hotel Mewah di Asia



Desain yang mewah, menyediakan servis dan fasilitas terbaik, adalah beberapa ciri khas hotel-hotel terbaik di Asia. Jika Anda ingin merasakan yang terbaik di daerah yang Anda kunjungi, kamar-kamar mewah ini menawarkan lebih dari kenyamanan.

Kekhawatiran terbesar Anda? Mungkin Anda tidak ingin meninggalkannya.

Bangkok: Banyan Tree Bangkok


Lima Tempat untuk Liburan Sendiri di Asia


Meski orang sering bepergian sendirian untuk bekerja, mereka jarang mendatangi tempat baru untuk berekreasi atau berpetualangan tanpa rombongan. Lima tempat di bawah ini bisa mengubah semua itu.

Pantai, kota atau bahkan pegunungan, benua seperti Asia layak Anda jelajahi sendiri - bukan hanya untuk membanggakan diri di depan teman-teman, tetapi juga untuk pengalaman lebih variatif yang bisa Anda dapat sepanjang jalan. Lima tempat di bawah ini memiliki sejarah dan budaya yang kaya sehingga Anda tidak akan mencari rombongan tur.

1. Bali, Indonesia




Terkenal karena pantai-pantainya, Bali adalah liburan musim panas yang sempurna bagi siapa pun-baik sendiri atau dalam kelompok. Pejalan tunggal tidak akan merasa terisolasi sedetik pun di pulau ramah wisatawan di Indonesia ini - Anda mungkin akan terlalu sibuk menikmati pantai atau hiking.

Baik Anda sedang mencari perjalanan untuk istirahat dan bersantai atau mencari petualangan menyelam dan trekking di hutan, Bali memiliki semua itu.

Yang harus Anda lihat atraksi: Pura Ulun Danu Bratan (Candikuning), kuil suci Hindu-Buddha  yang dibangun pada abad ke-17, dikelilingi oleh Danau Bratan. Dibangun untuk memuja Dewi Danu, dewi air, orang-orang banyak datang ke sini untuk berharap mendapat air selama setahun.

Perjalanan sendiri selalu memiliki beberapa risiko, jadi pastikan keamanan perjalanan Anda sebelum merencanakan datang ke pulau yang indah ini.

2. Bhutan




Kerajaan Bhutan, karena terjepit di antara Cina dan India, jadi sering dilupakan. Negara ini pernah

Taman Hiburan Paling Terkenal di Asia

Anda tidak harus pergi ke negeri yang jauh untuk merasakan roller coaster mendebarkan atau petualangan liar dan basah dengan anak-anak di taman air. Beberapa tempat tersebut sudah berada di Asia.

Universal Studios, Singapura


Baru berusia setahun tapi sudah terkenal di kalangan turis dan penduduk lokal, Universal Studio Singapura adalah rumah untuk wahana dan pertunjukan berdasarkan program televisi dan film seperti Battlestar Galactica, Shrek, Madagascar, Jurassic Park dan The Mummy. Baru-baru ini juga diluncurkan atraksi Transformers The Ride: The Ultimate 3D Battle yang menurut para pengunjung merupakan wahana terbaik di taman hiburan itu.

Ocean Park, Hong Kong


Terletak di selatan Pulau Hong Kong, wahana terkenal Ocean Park juga memiliki empat panda
Berapa kali Anda bertekad bangun lebih pagi tapi tak pernah bisa menghindari dari godaan tombol "Snooze" di jam alarm?






Niat saja tak cukup untuk membuat angan-angan bangun pagi jadi kenyataan. Kita juga perlu menyertainya dengan sejumlah usaha yang bisa membuat kita mau tak mau harus bangun juga.

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa membantu.
1. Tidur efektif
Semua juga tahu kalau ingin bangun lebih pagi kita sebaiknya tidur lebih awal. Tapi percuma saja tidur selama delapan jam jika tidur kita tidak efektif. Jika posisi tidur tak nyaman, bantal terlalu tinggi, atau suhu kamar terlalu dingin, kita akan terbangun berkali-kali di tengah malam, dan tubuh pun merasa kita belum mendapat cukup istirahat.

2. Hindari kopi, red wine, dan cokelat sebelum tidur
Penelitian menunjukkan tiga jenis makanan dan minuman ini adalah yang paling berpotensi
Angry Birds -  Help